Saling Support Sesama Penderita Kanker Payudara

sat-jakarta.com – Kanker merupakan penyakit yang belum diketahui penyebab pastinya, sehingga pengobatan yang ada belum 100% efektif. Perawatannya sendiri, 80% adalah cara pandang terhadap penyakitnya. Artinya, kesembuhan akan sangat terbantu jika penderita mempunyai pandangan positif dalam hidupnya, ikhlas menerima penyakitnya sehingga kesembuhan akan datang dari diri sendiri. Untuk memberikan dukungan mental khususnya bagi penderita kanker payudara, atas prakarsa Shanti Persada dan Madelina Mutia, berdirilah Lovepink Indonesia, pada 26 Oktober 2013.

Visi dan misi Lovepink Indonesia adalah memberikan dukungan mental kepada sesama penderita kanker payudara sehingga diharapkan dapat membantu dalam proses penyembuhan. Kampanyenya deteksi dini kanker payudara bertujuanmenurunkan angka penderita kanker payudara stadium tinggi. Pita Merah Muda Jadi Lambang Penamaan lovepink berasal dari pita pink yang digunakan sebagai lambang kanker payudara di dunia . Sementara kata “love” berarti cinta. Warna merah muda juga berarti warna cinta.

Nama ini ingin menggambarkan bahwa para member lovepink Indonesia akan selalu bekerja dengan penuh cinta demi memberi dukungan mental terbaik bagi para penderita kanker payudara. Lovepink Indonesia yang awalnya suatu gerakan sosial ini kini tengah dalam proses menjadi yayasan. Jumlah anggotanya sudah sekitar 120 orang dan semua adalah penderita kanker payudara. Sebagian besar di Jakarta, lalu Pontianak dan Bukittinggi.

Member Lovepink pun ada yang berdomisili di Kanada, Papua Nugini, dan Swiss. Para anggota umumnya mengetahui Lovepink Indonesia dari teman dan media. Mereka bergabung demi mendapatkan informasi serta yang terutama ingin saling memberi dukungan selama menjalani pengobatan maupun sesudahnya. Saling support antaranggota akan membuat mereka lebih percaya diri dalam menjalani pengobatan dan operasi.

Karena mereka melihat sendiri contoh dari para anggota lain yang sudah lebih dulu menjalaninya. Adanya support dari sesama penderita juga membuat mereka tidak merasa sendirian dalam menjalani ujian berat ini. Sharing Ke Rumah Sakit Banyak kegiatan rutin lain yang diadakan oleh Lovepink Indonesia.

Contoh, seminar mengenai makan sehat untuk penderita kanker payudara, beauty class untuk para pasien yang mengalami rambut rontok akibat kemoterapi atau bagaimana agar para penderita kanker payudara tetap kelihatan cantik dan bersemangat manjalani hidup. Para anggota Lovepink Indonesia pun melakukan sharing ke rumah-rumah sakit dan ke komunitaskomunitas wanita untuk mengampanyekan deteksi dini kanker payudara.